Langsung ke konten utama

Resep Geguduh Khas Lampung Asli



Jika kamu suka dengan makanan yang mempunyai cita rasa manis, kamu bisa mencoba makanan khas Lampung ini. Gegaduh adalah makanan sejenis kue yang terbuat dari pisang yang telah dihaluskan. 

Makanan ini menjadi makanan yang bisa disajikan untuk tamu dan bisa dinikmati bersama keluarga saat sedang kumpul. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Gegaduh, kamu bisa membuatnya di rumah. 

Untuk mendapatkan bahan juga tidak sulit, untuk membuatnya kamu harus menyiapkan pisang yang telah dihaluskan hingga lembut, tepung terigu, susu dan selai. Pisang dan tepung terigu diaduk hingga merata dan dicampurkan juga susu dan selai, setelah cukup merata, kemuadian bentuk sesuai dengan keinginan dan goreng sampai matang. 


Pisang yang digunakan untuk membuat Gegaduh adalah pisang kepok, sedangkan jika ingin menambah aroma kuliner lebih sedap, penduduk Lampung menggunakan air sekapur sirih atau daun pandan. Nah setelah jadi, makanan siap disajikan, bisa di nikmati bersama kopi atau bisa juga digunakan sebagai hidangan acara-acara tertentu.

Ø  Bahan-bahan :
ü  1 kg ketan, cuci bersih, kukus
ü  Santan dari 1 butir kelapa, rebus hingga berminyak
ü  Daun pisang
ü  Garam secukupnya

Ø  Cara Membuat:
ü  Ketan yang sudah disiapkan dikukus, lalu di letakkan dalam wadah,
ü  Sirami santan dan beri sedikit garam.
ü  Ulangi pengukusan hingga ketan matang.
ü  Cetak dengan cetakan yang berukuran 16 cm tebal 1 cm.
ü  Bungkus dengan daun pisang, lalu susun berlapis-lapis, dan ikat dengan tali.
ü  Rebus kurang lebih selama 2 jam. Angkat, disajikan

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gabing Khas Lampung Asli

Gabing merupakan salah masakan khas Lampung yang mungkin pernah kamu jumpai di daerah lainya. Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Pembuatan gabing sendiri cukup simple namun cukup khas sesuai dengan masakan Lampung. Batang kelapa muda diiris hingga menyerupai lempengan kecil memanjang berukuran 3 sampai 4 cm. Kemudian direbus hingga lunak dan dimasukan bumbu rempah sampai tercium aroma yang kuat dengan rasa yang nikmat.  Gabing merupakan masakan berkuah, walau terkadang ada juga beberapa orang yang tidak memberikan kuat pada masakan tersebut. Untuk menambah cita rasa pada makanan Gabing, kamu bisa mencampurnya dengan daging segar, jamur, dan olahan lainya yang akan memperkaya masakan. Bahan-bahan Untuk Membuat Gabing Baca juga : Resep seruit berkuah khas lampung. klik disini Buat bunda yang pengen coba-coba masak makanan yang satu ini. Jangan lupa siapkan semua bahan-bahan nya ya..!. Untuk bahan-bahan

Resep Bangamat Khas Kalimantan Tengah Asli

Jika pada poin ke-4 ada makanan khas Kalimantan Tengah berupa hintalu karuang yang dalam bahasa Banjar berarti “telur kelelawar” tapi pada kenyataannya makanan tersebut tidak terbuat dari kelelawar, kali ini ada masakan khas lain yang benar-benar mengandung kelelawar, namanya bangamat. Bangamat adalah makanan yang menyajikan daging kelelawar ke dalam hidangannya. Baca juga : resep ikan bakar khas kalteng klik disini Daging kelelawar yang hendak diolah telah melewati proses pembersihan terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu hingga matang. Pengolahan daging kelelawar saat dimasak biasanya dilakukan bersama sulur kelari atau dengan sayur hati batang pisang. Bangamat termasuk kuliner yang hanya bisa ditemui di Kalimantan Tengah. Setiap wisatawan yang ingin menyicip kuliner unik nan ekstrim dari Kota Cantik disarankan untuk mencoba makanan satu ini. Ø   Bahan : ü   1 kg Umbut atau pohon kelapa bagian atas. ü   1 ruas kunyit dan laos sudah di pukul supaya pecah.

Resep Kalumpe Khas Kalimantan Tengah Asli

Kalumpe adalah makanan khas suku Dayak di Kalimantan Tengah. Sayur kalumpe secara tampilan sangat mirip dengan sayur daun singkong yang lazim ditemui di dataran Jawa dan sekitarnya. Sayur khas Kalimantan Selatan ini juga terbuat dari daun singkong. Bedanya kalumpe dengan sayur daun singkong pada umumnya adalah daun singkongnya yang ditumbuk halus sebelum diolah dan disajikan.  Kalumpe atau karuang juga mengandung kuah kental yang terbuat dari campuran bumbu rempah seperti bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, kayu manis, dan cabai. Untuk menambah cita rasa, masakan ini diberi pelengkap berupa terong kecil atau terong pipit. Setelah kalumpe jadi biasanya tidak langsung disajikan, melainkan diberi taburan kacang tanah dan ikan teri terlebih dahulu. Kalumpe oleh masyarakat Kalteng dimakan bersama nasi hangat dan sambal terasi. Baca juga :   resep ikan bakar khas kalteng klik disini Kalumpe / karuang adalah sayuran yang berasal dari Kalimantan Tengah. Makanan Dayak