Langsung ke konten utama

Resep Tempoyak Khas Jambi

Tempoyak merupakan makanan yang sangat terkenal bagi daerah jambi, makanan yang sering dibuat oleh masyarakat jambi khususnya ibu-ibu rumah tangga. Tempoyak ini merupakan masakan yang berasal dari buah durian yang sudah di fermentasi. Tempoyak ini merupakan makanan yang biasanya di konsumsi sebagai lauk saat menyantap nasi. 

Tempoyak juga dapat dimakan langsung, namun jarang sekali dilakukan karena kebanyakan orang yang tidak tahan dengan rasa asam dan aroma dari tempoyak itu sendiri. Selain itu, tempoyak sering dijadikan bumbu masakan bahan-bahan makanan lain. 

Tempoyak tempoyak bisa bertahan cukup lama, karena adanya penambahan garam dalam proses pembuatannya. Proses fermentasi pada tempoyak tentunya dibantu oleh berbagai mikroorganisme fermentor, organisme ini juga membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tempoyak  sering dijadikan buah tangan oleh masyarakat yang berkunjung ke daerah jambi, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat lokal pembuat Tempoyak.


Tempoyak adalah daging buah durian yang difermentasi sehingga rasa dan aroma dan tekstur dari daging buah durian itu berubah, selanjutnya tempoyak yang sudah difermentasi sudah siap untuk diolah menjadi makanan seperti sambal tempoyak dan tentunya resep kita kali ini Ikan patin masak tempoyak.

Rasa dari ikan patin masak tempoyak ini sangatlah lemak alias sedap, perpaduan citarasa asam, pedas dan aroma durian dari tempoyak sangatlah cocok dimakan dengan nasi hangat, tap bagi anda yang tidak suka aroma durian yang menyengat masakan yang satu ini mungkina kan menjadi masalah bagi anda.

Ø  Bahan-bahan :
ü  4 ekor ikan patin ukuran sedang
ü  700 ml
ü  150 gram tempoyak
ü  1 sdm air jeruk nipis, untuk marinasi
ü  1 sdt garam, untuk marinasi
ü  3 cm lengkuas, memarkan
ü  1 batang sereh, ambil bagian putihnya lalu memarkan
ü  1 lembar daun salam
ü  3 lembar daun jeruk
ü  5 buah cabe rawit merah, iris serong

Ø  Bumbu halus
ü  5 buah cabe merah
ü  5 butir bawang merah
ü  2  siung bawang putih
ü  3 cm kunyit
ü  3 cm jahe
ü  garam secukupnya
ü  gula secukupnya
ü  lada secukupnya
ü  penyedap, bila suka

Ø  Cara membuat
ü  Bersihkan ikan patin dengan air mengalir, buang sirip dan insangnya, kemudian lumuri dengan jeruk nipis dan garm, diamkan 15 menit, cuci kembali dengan air mengalir
ü  Rebus air kemudian masukan bumbu halus, lengkuas, daun salam, daun jeruk, serai dan irisan cabe rawit, aduk rata
ü  masukan ikan patin, masak hingga kuah menyusut tinggal 1/4 nya
ü  sajikan dengan nasi

Demikianlah resep Ikan patin masak tempoyak khas Jambi. Semoga bermanfat Baca juga : Resep rendang padang asli. klik disini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Gabing Khas Lampung Asli

Gabing merupakan salah masakan khas Lampung yang mungkin pernah kamu jumpai di daerah lainya. Gabing sendiri berbahan baku yang cukup unik karena terbuat dari batang kelapa yang masih muda. Pembuatan gabing sendiri cukup simple namun cukup khas sesuai dengan masakan Lampung. Batang kelapa muda diiris hingga menyerupai lempengan kecil memanjang berukuran 3 sampai 4 cm. Kemudian direbus hingga lunak dan dimasukan bumbu rempah sampai tercium aroma yang kuat dengan rasa yang nikmat.  Gabing merupakan masakan berkuah, walau terkadang ada juga beberapa orang yang tidak memberikan kuat pada masakan tersebut. Untuk menambah cita rasa pada makanan Gabing, kamu bisa mencampurnya dengan daging segar, jamur, dan olahan lainya yang akan memperkaya masakan. Bahan-bahan Untuk Membuat Gabing Baca juga : Resep seruit berkuah khas lampung. klik disini Buat bunda yang pengen coba-coba masak makanan yang satu ini. Jangan lupa siapkan semua bahan-bahan nya ya..!. Untuk bahan-bahan

Resep Bangamat Khas Kalimantan Tengah Asli

Jika pada poin ke-4 ada makanan khas Kalimantan Tengah berupa hintalu karuang yang dalam bahasa Banjar berarti “telur kelelawar” tapi pada kenyataannya makanan tersebut tidak terbuat dari kelelawar, kali ini ada masakan khas lain yang benar-benar mengandung kelelawar, namanya bangamat. Bangamat adalah makanan yang menyajikan daging kelelawar ke dalam hidangannya. Baca juga : resep ikan bakar khas kalteng klik disini Daging kelelawar yang hendak diolah telah melewati proses pembersihan terlebih dahulu sebelum dimasak dengan bumbu hingga matang. Pengolahan daging kelelawar saat dimasak biasanya dilakukan bersama sulur kelari atau dengan sayur hati batang pisang. Bangamat termasuk kuliner yang hanya bisa ditemui di Kalimantan Tengah. Setiap wisatawan yang ingin menyicip kuliner unik nan ekstrim dari Kota Cantik disarankan untuk mencoba makanan satu ini. Ø   Bahan : ü   1 kg Umbut atau pohon kelapa bagian atas. ü   1 ruas kunyit dan laos sudah di pukul supaya pecah.

Resep Lemang Khas Kalimantan Tengah Asli

Lemang adalah makanan yang menurut sejarah pertama kali dibuat oleh bangsa Melayu. Penyebaran masyarakat suku Melayu yang begitu masif hingga ke Indonesia membuat makanan satu ini terdapat di bagian utara Indonesia. Seperti di Kalimantan yang cukup banyak dihuni oleh penduduk Melayu sehingga membuat sebagian orang mengira lemang adalah makanan khas Kalimantan Tengah. Selain suku Melayu, suku Dayak juga menjadikan lemang sebagai panganan yang disajikan pada pesta-pesta adat mereka. Baca juga : resep gangan humbut khas kalimantan tegah. klik disini. Lemang merupakan makanan sejenis lontong atau ketupat yang dibuat dari bahan baku beras ketan. Pengolahan dari beras ketan hingga menjadi lemang melewati proses pematangan yang unik, yakni dimasak dalam seruas bambu. Sebelum dimasukkan ke dalam bambu, terlebih dahulu beras ketan digulung dengan daun pisang atau daun bambu. Selain di provinsi Kalteng, lemang juga banyak ditemui di provinsi Kalimantan Selatan. Lemang biasanya disajikan b